program list; {untuk menampilkan list data karyawan}
uses wincrt;
type karyawan=record
nama: string;
kelamin: string;
alamat : string;
end;
var kry: karyawan;
begin
clrscr;
write('Masukkan Nama: '); readln(kry.nama);
write('Masukkan Jenis Kelamin: '); readln(kry.kelamin);
write('Masukkan Alamat: '); readln(kry.alamat);
{untuk memasukkan data karyawan}
writeln(kry.nama);
writeln(kry.kelamin);
writeln(kry.alamat);
{untuk menampilkan data karyawan}
end.
RECORT
uses wincrt;
type mahasiswa = record nrp: string; nama: string; alamat:string;end.
var mhs : mahasiswa;begin write(’Inputkan nama’);readln(mhs.nama); write(’Inputkan nrp’);readln(mhs.nrp); write(’Inputkan alamat’);readln(mhs.alamat); {dengan begitu kita sudah mempunyai sebuah entitas mahasiswa lengkap dengan nilai atributnya untuk menampilkan datanya} writeln(mhs.nama,mhs.nrp,mhs.alamat);end.
ARRAY DAN RECORT
program aljan;
Uses winCrt;
Var nil1 : Array[1..100] of Integer; n,i,j,dum : Integer;Begin ClrScr; Write('mau isi berapa data acak (integer) ='); readln(n); For i := 1 to n Do Begin Write('Data Ke ',i,':');Readln(nil1[i]); End; {* penyapuan proses} for i:= 1 to n-1 do begin for j:= i to n do begin if nil1[j] begin dum:=nil1[j]; nil1[j]:=nil1[i]; nil1[i]:=dum; end; end; end; writeln; writeln('Hasil Sortir'); for i := 1 to n do write(nil1[i]:3); readln;end.
uses wincrt;
type Mahasiswa = Record Nama :string[30]; NIM :string[10]; Alamat :string[50];end;
var mhs:Mahasiswa;Begin clrscr; write('Nama : ');readln(Mhs.Nama); write('NIM : ');readln(Mhs.NIM); write('Alamat : ');readln(Mhs.Alamat); writeln; writeln('Nama Anda : ',Mhs.Nama); writeln('NIM Anda : ',Mhs.NIM); writeln('Alamat Anda : ',Mhs.Alamat);end.
Seorang dosen memberi tugas mahasiswanya untuk membuat listing program pascal dalam rangka praktik materi array.
Inti tugasnya adalah membuat program database sederhana konversi nilai mahasiswa, dimana pada pertama kali BAK menginput :
Inti tugasnya adalah membuat program database sederhana konversi nilai mahasiswa, dimana pada pertama kali BAK menginput :
- Jumlah data mahasiswa
- Nim mahasiswa
- Nama mahasiswa
- Nilai pertama
- Nilai kedua
Hasil yang didapat adalah data mahasiswa, rata2 nilai dan konversi ke nilai hurufnya.
Ya sekurang dan selebihnya listingnya kaya gini, klo ada yang kurang mohon maaf.
Ya sekurang dan selebihnya listingnya kaya gini, klo ada yang kurang mohon maaf.
Program Input_nilai_mhs;
Uses WinCrt;
Constgaris='-------------------------------------------------------------------------------';Varnil1,nil2 : Array [1..10] Of 0..100; {Array dgn Type subjangkauan}nim : Array [1..10] Of String [8];nama : Array [1..10] Of String [50];n,i,bar : Integer;jum : Real;tl : Char;Begin ClrScr; { pemasukan data dalam array } Writeln ('Maximize dulu windows anda,'); Writeln ('untuk mendapat hasil yang maksimal!!!'); Write ('Berapa Data Mahasiswa yang aka diinput :'); Readln (n); For i:= 1 To n Do Begin ClrScr; GotoXY(30,4+1); Write('Data Ke-:',i:2); GotoXY(10,5+i); Write('NIM :'); Readln(nim[i]); GotoXY(10,6+i); Write('Nama :'); Readln(nama[i]); GotoXY(10,7+i); Write('Nilai 1 :'); Readln(nil1[i]); GotoXY(10,8+i); Write('Nilai 2 :'); Readln(nil2[i]); End; { proses data dalam array } ClrScr; GotoXY(5,4); Write(Garis); GotoXY(5,5); Write ('No'); GotoXY(9,5); Write ('NIM'); GotoXY(18,5); Write ('Nama'); GotoXY(38,5); Write ('Nilai 1'); GotoXY(45,5); Write ('Nilai 2'); GotoXY(52,5); Write ('Rata'); GotoXY(59,5); Write ('Abjad'); GotoXY(5,6); Write (Garis); { proses Cetak isi array dan seleksi kondisi } bar := 7; For i:= 1 To n Do Begin jum:=(nil1[i]+nil2[i])/2; If jum>= 90 Then tl:='A' Else If jum>80 Then tl:='B' Else If jum>60 then tl:='C' Else If jum >50 Then tl:='D' Else tl:='E'; { cetak hasil yang disimpan di array dan hasil } { penyeleksian kondisi } GotoXY(5,bar); Writeln(i:2); GotoXY(9,bar); Writeln (NIM[i]); GotoXY(18,bar); Writeln (NAMA[i]); GotoXY(38,bar); Writeln (NIL1[i]:4); GotoXY(45,bar); Writeln (NIL2[i]:4); GotoXY(52,bar); Writeln (jum:5:1); GotoXY(59,bar); Writeln (tl); bar:=bar+1; End; GotoXY(5,bar+1);Writeln(garis); Readln;End.
Program Mencari Rata-rata, Nilai Tertinggi dan Terendah
uses wincrt;
var a, siswa : integer;
nilai, total, tinggi, rendah, rata : real; begin total := 0; write ('jumlah siswa : '); readln (siswa); writeln; for a := 1 to siswa do begin write ('nilai siswa ke ',a,' : '); readln (nilai); total := total + nilai; if a = 1 then begin tinggi := nilai; rendah := nilai; end else begin if nilai > tinggi then tinggi := nilai else begin if nilai < rendah then rendah := nilai; end; end; end; rata := total / siswa; writeln; writeln ('nilai terendah : ', rendah :1:2); writeln ('nilai tertinggi : ', tinggi :1:2); writeln ('rata-rata : ',rata :1:2);end.
Tampilan :
jumlah siswa : 6
nilai siswa ke 1 : 89
nilai siswa ke 2 : 90
nilai siswa ke 3 : 78
nilai siswa ke 4 : 69
nilai siswa ke 5 : 75
nilai siswa ke 6 : 80
nilai siswa ke 1 : 89
nilai siswa ke 2 : 90
nilai siswa ke 3 : 78
nilai siswa ke 4 : 69
nilai siswa ke 5 : 75
nilai siswa ke 6 : 80
nilai terendah : 69.00
nilai tertinggi : 90.00
rata-rata : 80.17
nilai tertinggi : 90.00
rata-rata : 80.17
Logika.
Awalnya total diberi nilai 0.
Pertama masukkan jumlah siswa { jumlah siswa : 6 }
Maka akan terjadi 6 perulangan untuk menghitung total
Perulangan ke 1 ; a=1 ==:> nilai = 89
total = 0 + 89 = 89
a=1? Ya, berarti 89 adalah nilai tertinggi dan nilai terendah dalam perulangan pertama
perulangan ke 2 ; a=2 ==:> nilai = 90
total = 89 + 90 = 179
a=1? Tidak, apakah nilai 90 > 89 ? ya, maka 90 adalah nilai tertinggi dalam perulangan ke 2.
Perulangan ke 3 ; a=3 ==:> nilai = 78
Total = 179 + 78 = 257
a=1? Tidak, apakah nilai 78 > 90 ? tidak, maka 90 tetap jadi nilai tertinggi dalam perulangan ke 3.
Apakah nilai 78 < 89 ? ya, maka 78 adalah nilai terendah dalam perulangan ke 3. Perulangan ke 4 ; a=4 ==:> nilai = 69
Total = 257 + 69 = 326
a=1? Tidak, apakah nilai 69 > 90? Tidak, maka 90 tetap jadi nilai tertinggi dalam perulangan ke 4.
Apakah nilai 69 < 78 ? ya, maka 69 adalah nilai terendah dalam perulangan ke 4. Perulangan ke 5 ; a=5 ==:> nilai = 75
Total = 326 + 75 = 401
a=1? Tidak, apakah nilai 75 > 90? Tidak, maka 90 tetap jadi nilai tertinggi dalam perulangan ke 5.
Apakah nilai 75 < 69 ? tidak, maka 69 adalah nilai terendah dalam perulangan ke 5. Perulangan ke 6 ; a=6 ==:> nilai = 80
Total = 401 + 80 = 481
a=1? Tidak, apakah nilai 80 > 90 ? tidak, maka 90 tetap jadi nilai tertinggi dalam perulangan ke 6.
Apakah nilai 90 < 69 ? tidak, maka 69 tetap jadi nilai terendah dalam perulangan ke 6.
Menghitung rata-rata = total / siswa
= 481 / 6
= 80.17
Pertama masukkan jumlah siswa { jumlah siswa : 6 }
Maka akan terjadi 6 perulangan untuk menghitung total
Perulangan ke 1 ; a=1 ==:> nilai = 89
total = 0 + 89 = 89
a=1? Ya, berarti 89 adalah nilai tertinggi dan nilai terendah dalam perulangan pertama
perulangan ke 2 ; a=2 ==:> nilai = 90
total = 89 + 90 = 179
a=1? Tidak, apakah nilai 90 > 89 ? ya, maka 90 adalah nilai tertinggi dalam perulangan ke 2.
Perulangan ke 3 ; a=3 ==:> nilai = 78
Total = 179 + 78 = 257
a=1? Tidak, apakah nilai 78 > 90 ? tidak, maka 90 tetap jadi nilai tertinggi dalam perulangan ke 3.
Apakah nilai 78 < 89 ? ya, maka 78 adalah nilai terendah dalam perulangan ke 3. Perulangan ke 4 ; a=4 ==:> nilai = 69
Total = 257 + 69 = 326
a=1? Tidak, apakah nilai 69 > 90? Tidak, maka 90 tetap jadi nilai tertinggi dalam perulangan ke 4.
Apakah nilai 69 < 78 ? ya, maka 69 adalah nilai terendah dalam perulangan ke 4. Perulangan ke 5 ; a=5 ==:> nilai = 75
Total = 326 + 75 = 401
a=1? Tidak, apakah nilai 75 > 90? Tidak, maka 90 tetap jadi nilai tertinggi dalam perulangan ke 5.
Apakah nilai 75 < 69 ? tidak, maka 69 adalah nilai terendah dalam perulangan ke 5. Perulangan ke 6 ; a=6 ==:> nilai = 80
Total = 401 + 80 = 481
a=1? Tidak, apakah nilai 80 > 90 ? tidak, maka 90 tetap jadi nilai tertinggi dalam perulangan ke 6.
Apakah nilai 90 < 69 ? tidak, maka 69 tetap jadi nilai terendah dalam perulangan ke 6.
Menghitung rata-rata = total / siswa
= 481 / 6
= 80.17
Ditampilkan hasil :
Nilai terendah : 69.00
Nilai tertinggi : 90.00
Rata-rata : 80.17
Nilai terendah : 69.00
Nilai tertinggi : 90.00
Rata-rata : 80.17
Tidak ada komentar:
Posting Komentar