d. Bila kolom ini di isi dengan karakter “D” , baris ini juga dianggap sebagai
komentar, tetapi bila pada ENVIRONMENT DIVISION dalam paragraph
SOURCE-COMPUTER disebutkan WITH DEBUGGING MODE, maka
akan berguna untuk tujuan debugging.
komentar, tetapi bila pada ENVIRONMENT DIVISION dalam paragraph
SOURCE-COMPUTER disebutkan WITH DEBUGGING MODE, maka
akan berguna untuk tujuan debugging.
Kolom 8 - 11 : Disebut dengan area A, semua judul divisi,judul seksi, nama paragraph, judul
file description (FD), level number 01 dan level number 77 ditulis mulai kolom
ke-8.
file description (FD), level number 01 dan level number 77 ditulis mulai kolom
ke-8.
Kolom 12 - 72 : Disebut dengan area B, semua elemen program selain yang ditulis di area A
ditulis pada area B.
ditulis pada area B.
Kolom 73 - 80 : Merupakan kolom yang tidak diproses oleh komputer, jadi jika diisi dengan
catatan-catatan apa saja hanya untuk dokumentasi program.
catatan-catatan apa saja hanya untuk dokumentasi program.
Level Number
Level number atau nomor jenjang adalah suatu nomor yang menunjukkan jenjang dari data item dalam suatu record. Level number yang digunakan :
01, digunakan untuk mengawali keterangan dari record (record description). 02 - 49, digunakan untuk mengawali keterangan dari data item.
66, digunakan untuk RENAMES.
66, digunakan untuk RENAMES.
77, Digunakan untuk mengawali data item yang berdiri sendiri. Hanya boleh terdapat pada WORKING-STORAGE SECTION.
88, digunakan untuk mengawali suatu nama kondisi.
Picture clause
Picture clause digunakan untuk menerangkan masing-masing data-item yang digunakan,
mengenai ukuran dari field dan memberikan informasi dari nilai data tersebut, juga mengatur
mengenai ukuran dari field dan memberikan informasi dari nilai data tersebut, juga mengatur
bentuk data dimemori. Macam-macam picture clause :
1. Picture karakter 9
Menunjukkan bahwa posisi sebuah memori hanya dapat mengandung nilai-nilai numerik saja. Ukuran panjang data-item ditentukan oleh banyaknya karakter 9 yang digunakan. Bersifat right justified.
2. Picture karakter V
Menunjukkan lengkap anggapan dari titik desimal. Anggapan disini maksudnya adalah titik desimal tersebut tidak ditulis di memori, sehingga tidak termasuk sebagai panjang field.
3. Picture karakter P
Digunakan dengan gabungan Picture karakter V, yang digunakan untuk menimbulkan angka 0.
4. Picture karakter S
Digunakan untuk menyimpan tanda dari nilai data, dan tidak dihitung sebagai panjang field.
5. Picture karakter A
Digunakan untuk menyimpan nilai data huruf(alphabetic).Bersifat left justified.
6. Picture karakter X
Digunakan untuk menyimpan nilai data alphanumerik, dapat berupa gabungan angka, huruf, ataupun karakter khusus.
Picture Editing
Berguna untuk perubahan bentuk data dari data yang telah tersimpan distorage (memori). Dengan adanya editing (perubahan), data yang dicetak pada output akan tampak lebih mudah dibaca, mudah dimengerti dan mempunyai susunan yang lebih baik dibandingkan dengan bentuk data asli yang tersimpan di storage. Macam-macam picture editing :
AP3/TI/Ayuliana/2009 4
Picture editing Z
Digunakan untuk menggantika angka 0 diawal agar tidak tampak pada waktu
pencetakan.
Picture editing $
Pada saat pencetakan karakter $ akan tampak pada ujung paling kiri. Picture editing “.”
Digunakan untuk menunjukkan letak posisi dari titik desimal pada pencetakan, hanya boleh dipergunakan 1 saja.
Picture editing “,”
Digunakan untuk memberikan tanda koma pada tempat-tempat tertentu, dan boleh digunakan lebih dari 1.
Picture editing “-“
Jika data asli bernilai minus maka penggunaan tanda minus di awal atau diakhir akan menyebabkan tanda minus muncul pada saat pencetakan, sedangkan bila data positif akan digantikan dengan blank.
Picture editing “+”
Jika tanda plus digunakan diawal atau diakhir data maka akan tampak pada pencetakan bila data bernilai positif, jika data negatif akan muncul tanda minus, jika tidak bertanda dianggap positif.
Picture editing B
Digunakan untuk mengedit nilai data bukan numerik.Blank akan disisipkan pada posisi dinama karakter B ditempatkan.
Picture editing “*”
Digunakan untuk menggantikan nilai nol pada nilai data disebelah kanan dengan tanda *. Picture editing 0(nol)
Digunakan untuk menyisipkan angka 0 pada posisi dimana karakter 0 ditempatkan.
10. Picture editing “/”
Digunakan untuk menyisipkan karakter “/” diposisi dimana karakter tersebut ditempatkan.
11. Picture editing DB dan CR
Sering digunakan pada aplikasi akuntansi. Ditulis mulai ujung sebelah kanan dari picture, dan hasilnya hanya tampak pada hasil edit bila nilai datanya negatif.
IDENTIFICATION DIVISION
Merupakan divisi yang pertama dalam COBOL dan yang paling sederhana. IDENTIFICATION DIVISION tidak dibagi dalam beberapa section tetapi langsung terdiri dari beberapa paragraph.
Bentuk umum dari IDENTIFICATION DIVISION :
IDENTIFICATION DIVISION.
PROGRAM-ID. nama program.
AUTHOR. nama programmer .]
INSTALLATION. nama instalasi. ]
DATE-WRITTEN. Tgl program dibuat. ]
DATE-COMPILED. Tgl program dicompile. ]
SECURITY. sifat program. ]
keterangan :
· Tulisan dalam tanda ‘[ ]’ bersifat optional, boleh disertakan boleh juga tidak.
· Ditulis persis seperti contoh diatas, diikuti titik dan diberi 1 spasi.
· Penulisan divisi dan semua paragraphnya dimulai pada area A atau kolom ke-8. · Huruf kecil adalah nama yang dibuat oleh programmer.
AP3/TI/Ayuliana/2009 5
· PROGRAM-ID panjang maks. 6 karakter, boleh lebih tetapi hanya 6 karakter pertama saja
yang dibaca.
yang dibaca.
ENVIRONMENT DIVISION
Menyediakan informasi mengenai peralatan yang dipergunakan didalam program.
Bentuk umum ENVIRONMENT DIVISION :
ENVIRONMENT DIVISION.
CONFIGURATION SECTION.
SOURCE-COMPUTER. nama-komputer WITH DEBUGGING MODEL. ]
OBJECT-COMPUTER. nama-komputer. ]
SPECIAL-NAMES.
[ PRINTER IS nama-mnemonic ]
[ CURRENCY SIGN IS literal ]
[ DECIMAL-POINT IS COMMA. ]
INPUT-OUTPUT SECTION.
FILE-CONTROL.
FILE-CONTROL.
{file control entry}.
CONFIGURATION SECTION
Diperlukan karena kemungkinan program dibuat pada sebuah komputer dan dijalankan pada komputer yang lain.
Paragraph SOURCE-COMPUTER
Paragraph ini digunakan untuk menunjukkan nama komputer yang digunakan dalam pembuatan dan mengkompilasi program.Ditulis mulai kolom ke-8 atau area A.Bila Clause WITH DEBUGGING MODE disertakan dan pada kolom ke-7 diberi karakter ‘D’ akan dikompilasi untuk tujuan penelusuran kesalahan.Statement untuk penelusuran kesalahan adalah statement READY TRACE, RESET TRACE, EXHIBIT.
Paragraph OBJECT_COMPUTER
Paragraph ini untuk menunjukkan nama komputer yang digunakan untuk menjalankan program yang telah dikompilasi.
Paragraph SPECIAL_NAMES
Paragraph ini sifatnya optional, digunakan untuk membuat nama khusus yang menghubungkan nama-mnemonic implementor dengan nama mnemonic yang dibuat programmer.
a. PRINTER IS Clause
digunakan untuk menghubungkan nama mnemonik yang dibuat programmer dengan alat pencetak (PRINTER). Clause ini digunakan pada statement DISPLAY yang menggunakan UPON dalam PROCEDURE DIVISION.
b. CURRENCY SIGN IS Clause
Untuk menunjukkan tanda mata uang digunakan $, jika ingin menggunakan simbol lain maka dituliskan pada SPECIAL_NAMES.
c. DECIMAL_POINT IS COMMA Clause
Pada bahasa COBOL titik desimal digunakan bentuk karakter ‘ . ‘ bila di inginkan bukan
karakter ‘ ‘ tetapi koma dapat dituliskan SPECIAL_NAMES. DECIMAL POINT IS
COMMA.
AP3/TI/Ayuliana/2009 6
Tidak ada komentar:
Posting Komentar